Tidak Lulus SBMPTN, Apa Sebabnya ?

Ketika para peserta SBMPTN menunggu hasil pengumuman SBMPTN selama kurang lebih satu bulan lamanya, banyak sekali yang merasa khawatir akan kelulusan mereka. Ada yang sudah pasrah menghadapi kenyataan yang ada, dan ada juga yang sangat optimis mampu menembus ujian SBMPTN tersebut.

Tepat sebulan setelah pelaksanaan ujian SBMPTN pukul 17.00 WIB, biasanya hasil pengumuman sudah bisa diakses. Banyaknya lalu lintas yang masuk ke situs resmi sbmptn.or.id terkadang membuat websitenya menjadi down dan error, sehingga antisipasinya dibeberapa universitas ternama seperti itb ,ugm, ui sudah menyediakan laman untuk akses hasil SBMPTN.

kata bijak kegagalan
kata bijak
Dan,,, tarrangg... biasanya dari sekitar setengah juta lebih pendaftar. akan hanya diterima sekitar seratus ribu dan sisanya dinyatakan gagal. Nah, mungkin kamu adalah salah satunya yang ditolak mentah-mentah dari hasil seleksi SBMPTN ? Apa yang salah ?
Pada postingan yang lalu sudah Admin berikan beberapa tips sukses lulus sbmptn 2016. Disana sudah banyak sekali poin-poin penting yang sudah kami paparkan untuk Anda. Disini kami hanya ingin sedikit menambahkan.

1. Kelalaian.
kelalaian
careless
Mungkin kamu sedikit tidak jelih dalam melingkari lembar jawaban ujian yang diberikan pengawas sewaktu ujian. Tidak mengisi kode soal ujian adalah kesalahan kecil namun fatal bagi para peserta. Beberapa pengawas di lokasi ujian mungkin tidak memperingatkan hal ini karena disinilah letak ujian seleksi SBMPTN yang sangat vital.
Jangan pernah berharap lembar jawaban yang sudah dimasukkan kedalam berkas dan disegel dapat diisi dan dimaafkan oleh panitia SBMPTN. Jikalau Kamu memang tidak mengisikan kode naskah maka kamu bisa dipastikan sudah gagal sebelum scanning dilakukan.
Kelalaian yang lain adalah tidak menghitamkan lembar jawaban dengan baik (pudar). Kita tidak tahu scanner yang bagaimana digunakan untuk mengecek jawaban kita. Penting sekali untuk menghitamkan sempurna jawaban yang sudah anda yakini pada lembar jawaban ujian.

2. Tidak Menguasai Materi
Berdasarkan pengamatan saya, banyak sekali yang merasa optimis dengan jawabannya  Meskipun mereka ragu-ragu tapi mereka optimis. Bagaimana ini ? Coba tanyakan pada diri masing-masing apakah kamu memang 100% optimis dengan jawaban kamu ?. Kalau memang yakin maka bisa dipastikan kamu sudah menguasai materi dengan baik. Namun kalau kamu belum menguasai materi dengan sangat baik maka tidak perlu terlalu optimis karena kita berbicara atas realita.

3. Siap Menang Siap Kalah
Penting sekali buat seluruh peserta SBMPTN / UM lainnya, ini adalah seleksi, hasil akhir didapat dari serangkaian proses yang sangat rumit dan pada akhirnya akan didapat skor nilai nasional untuk masing-masing peserta.
Ini adalah seleksi , dengan kuota yang terbatas jadi sejak pertama tes Kamu harusnya sudah mempersiapkan diri Kamu untuk hasil yang terburuk sekalipun. Namun,jika kamu sudah yakin sekali bahwa kamu menjawab dengan maksimal dan bisa dipastikan kebenarannya, maka siaplah untuk menang.

4. Kurang Berdoa
Apapun alasannya, jika pekerjaan kamu tidak dibarengi dengan doa maka hasilnya nihil. Mungkin beberapa diantara kamu sudah mengecek kunci jawaban yang dibuat bimbel dan banyak beredar di internet, namun akurasi kunci jawaban tidaklah 100% benar. Atau kamu sudah mengikuti Quick Count yang diadakan oleh suatu lembaga, kamu dinyatakan lulus tapi nyata nya tidak ?. Ingat QC hanya mengambil sebagian kecil data peserta, sedangkan pendaftar lebih dari itu. Jangan terlalu optimis dengan hasil quick count karena dikhawatirkan kamu sendiri yang akan kecewa. Lebih baik serahkan kepada Tuhan, minta kesabaran dan mintalah agar diberikan hasil yang terbaik (lulus/tidak lulus).

Saya rasa itu poin yang bisa saya sampaikan disini, saya minta maaf atas ketidaknyamanan anda ketika membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat !

Tidak Lulus SBMPTN, Apa Sebabnya ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wahu Parulian

0 komentar:

Poskan Komentar