Kiat Sukses dan Tips Lulus SBMPTN 2016

SBMPTN adalah ajang pencarian mahasiswa yang mungkin bisa dikatakan pintar atau mungkin beruntung. Yah , ketika mengikuti ujian seleksi ini kita akan sangat bisa merasakan perbedaan atmosfer yang terjadi, rasa gugup, takut tidak lulus, cemas, khawatir akan soal-soal yang sulit dan berbagai emosi yang lainnya.

Mungkin diantara kita, masih banyak yang bertanya-tanya "kok masuk PTN itu susah banget ya??" , "pengen banget masuk PTN 'A' tapi kayaknya ketat banget", "Aduhh aku kayaknya ga bodoh-bodoh amat tapi kenapa mau kuliah di PTN 'B' susah banget". Percayalah, dan bukalah mata kamu lebar-lebar bahwa bukan cuma kamu yang berpikiran demikian, diluar sana mereka juga merasakan dan berpikiran yang sama denganmu. Hanya saja mungkin mereka sudah memberikan effort yang luar biasa dalam menggapai tujuannya.

Pada postingan kali ini, saya ingin sedikit berbagi tulisan mengenai kiat sukses sbmptn 2016 buat kamu hai calon mahasiswa.

perjuangan sbmptn
belajar
Dengan persaingan yang superketat dalam SBMPTN, memangkan persaingan diperlukan kerja keras, konsistensi dan strategi yang tepat, karena tanpa ini semua, bukan kesuksesan yang didaptkan tapi dipastikan kegagalan. Untuk mau bekerja keras mengejar apa yang ingin dicapai, Kamu mesti punya kiatnya:

Kenali Dirimu Sendiri.

Seorang jendral militer dan ahli strategi perang Cina kuno Sun Tsu, menuliskan bagaimana memenangkan peperangan, "Kenali musuh dan kenali dirimu sendiri, dan dalam ratusan peperangan Kamu tidak akan terkalahkan; kalau Kamu hanya mengenali diri sendiri tanpa mengenali musuh , kemungkinan kalah dan menang seimbang; kalau Kamu tidak mengenal musuh dan juga dirimu sendiri, Kamu bisa dipastikan kalah". Kamu dapat kenali diri sendiri dengan melakukan introspeksi kelebihan dan kekurangan Kamu. Kamu bisa melakukan psikotes untuk mengetahui bakat, minat , termasuk kepribadian kamu. Atau mungkin misalnya kamu ingin mengetahui berapa sih kemampuan akademik yang bisa ku capai ? Maka ikutilah berbagai macam Try Out yang diadakan oleh beberapa kampus, atau mungkin di jejaring sosial.

Buat Target!

Kalau misalnya sampai sekarang pun kamu jika diberikan pertanyaan : "Mau milih jurusan apa nanti ? Pada umumnya banyak sekali yang akan menjawab "masih bingung nih". Padahal SBMPTN sudah menanti didepan mata, Oleh karena itu, buatlah target dengan membuat keputusan memilih jurusan di  PTN sejak dini, tentunya dalam hal memilih jurusan harus disesusaikan dengan bakat dan minat.
kenali diri
kenali diri

Oh ya, mungkin diantara Kamu banyak sekali yang berharap punya cara cepat (fastest solution) supaya 'gampang' dala mengerjakan soal SBMPTN nantinya. Padahal cara tersebut banyak yang menyesatkan, dan sering juga cara cepat tersebut hanya bisa dipakai untuk satu jenis soal saja, sementara soal SBMPTN tiap tahunnya TIDAK pernah sama. Tentu ini akan menambah beban dan membuat kamu kesulitan nantinya. Maka dari itu, mulai sekarang belajarlah konsep dasar dan perkuat dengan kuda-kuda sehingga Kamu akan lebih siap dan matang menghadapi berbagai tipe soal dan seleksi tes PTN apapun.

Hindari Kesalahan Teknis !

Memang sih kelihatannya sepele, kita hanya perlu menghitamkan lembar jawaban. Tapi disini saya ingin menekankan bahwa banyak juga peserta SBMPTN yang gagal hanya karena kesalahan kecil.
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari kesalahan seperti ini.
Pilihlah pensil 2B, serutan pensil penghapus yang berkualitas. Sedapat mungkin hindari menghapus karena proses menghapus yang tidak bersih betul dapat terbaca oleh scanner dan akibatnya fatal.
Ketika menerima lembar jawaban kerja (LJK), perhatikan apakah LJK tersebut kualitasnya baik seperti cetakan jelas, tanpa coretan dan tidak terlipat.
Jangan menghitamkan LJK kalau belum yakin itu sebagai pilihan jawaban yang  tepat. Setiap kali mengisi usahakan periksa kembali data yang kamu isikan, apakah sudah hitam benar , tidak berada dalam satu kolom dengan data lain dan sebagainya.

Jaga Kesehatan!
Selama berjuang mempersiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN, jagalah kesehatan Kamu. Usahakan jangan tidur larut malam untuk membuat tubuh tetap sehat. Biasanya, sehari sebelum SBMPTN banyak peserta yang merasa galau, cemas, dan akhirnya membuat kondisi tubuhnya menjadi drop. Tentu hal ini akan merugikan diri kamu sendiri, dan para peserta yang lain justru akan berterimakasih atas hal itu.

Kamu tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi bukan ?. Maka dari itu, mulailah mengonsumsi makanan yang bergizi, olaharaga teratur agar metabolisme tubuh Kamu semakin kuat dan lebih siap lagi dalam menghadapi ujian tulis nanti.

Kuasai Materi SMBPTN !
Ingat ! tidak ada sukses yang bisa dibuat hanya dengan sim salabim, atau dodoli, dodoli pret, atau justru seperti sihir ibut peri yang pernah kita baca pada dongeng ketika kita masih kecil. Semua orang sukses selalu menghadapi proses yang panjang dan melelahkan. Contohnya Thomas Alfa Edison, karena kegigihannya pada percobaan ke 1000 kini kita mampu merasakan cahaya listrik di rumah. Demikian halnya Kamu, Kamu harus berjuang dengan cara menguasasi materi SBMPTN yang sangat sering diujikan. Sedikit contoh materi persamaan kuadrat pada subtes matematika, kamu harus menguasai konsep dasarnya, karena varian soal sangatlah banyak.

JANGAN LUPA BERDOA!!!
berdoa
berdoa
Ketika seorang peserta seleksi PTN sudah mendalami dan menguasai segala hal yang berkaitan dengan SBMPTN, banyak juga yang tidak mengacuhkan hal ini. Mungkin sangatlah sepele tapi perlu kita ingat bersama bahwa kekuatan doa itu bisa kita rasakan dan bisa TERJADI.

Poin kali ini , janganlah lupa untuk berdoa meminta kepintaran kepada-Nya, kesabaran, kecerdasan, serta ketenangan dalam menghadapi ratusan soal yang disuguhkan kepada Kalian. Ingat! Kalian tidak sendiri, Mintalah pada-Nya maka pasti akan diberikan. Jangan berdiri atas keegoisanmu sendiri.



Nah, demikianlah saya rasa tips sbmptn yang bisa saya bagikan untuk kamu pejuang PTN semoga bermanfaat !! Ganbatte がんばって!

Kiat Sukses dan Tips Lulus SBMPTN 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

13 komentar:

  1. bermanfaat
    mampir ya
    bimbelrumahrahil.blogspot.co.id/2015/12/cgc.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih infonya
      ini yang dicari info pendaftaran sbmptn tahun ini
      artikel sip

      Hapus
  2. Terimakasih atas tips nya mas,
    artikel tips lulus sbmptn ini sangat bermanfaat bagi saya yang mau lanjut ke PTN. :)

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat tips nya. Berguna banget buat adik-adik yang akan ikut tes SBMPTN

    BalasHapus
  4. makasih semoga berkah amien

    BalasHapus
  5. terimakasih ya pak buat segala tips-tips nya.

    BalasHapus
  6. keren tipsnya...
    izin coba gan (Y)

    BalasHapus