Ini Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Kamu

Otak adalah alat salah satu karya terbesar yang diciptakan oleh Tuhan kepada kita untuk mengingat sesuatu hal bahkan beragam hal. Kalau kita analogikan dengan komputer, maka kapasitas otak kita jauh lebih besar dari sekadar hardisk, CPU dan RAM. Ya, sungguh luar biasa memang kemampuan otak ini. Sayangnya, masih banyak dari kita yang belum memaksimalkan fungsi kerja otak kita ini. Mungkin ketika kita masih SD, kita masih dapat mengingat semua kata demi kata yang ada di buku catatan, bukan ?. Beranjak SMP hingga SMA kemampuan kita mengingat sedikit pudar seiring berjalannya usia.

Namun tentunya sangatlah penting bagi kita untuk meningkatkan kinerja otak kita di masa yang masih dibilang masih muda dengan cara melatihnya dengan senam otak atau memperbaiki asupan otak kita. Lantas bagaimana cara meningkatkan daya ingat otak kita ? Simak uraian berikut ini.

meningkatkan daya ingat
tips meningkatkan daya ingat

Kegiatan ini akan membantu kamu meningkatkan daya ingat.

1. Corat-coret.
Hadir dalam rapat atau perkuliahan yang berdurasi lama kadang membuat konsentrasi dan ingatan membuyar. Otak tidak tahan dalam waktu yang lama dan seketika akan berhenti. Cobalah mencorat coret kertas atau apa saja, untuk memberi jeda. Bisa dimulai dengan mencoret apa saja, bisa juga dengan materi yang lagi disampaikan atau lainnya.

2. Membaca.
Latihan terbaik untuk otak dan daya ingat adalah membaca. Setiap halaman dan chapter yang biasa dibaca akan mengendap dalam ingatan. Setiap kata, kalimat serta gagasan akan sangat berguna bagi otak, dan ada baiknya menantang diri selalu dengan buku, pengarang dan gaya penulisanbaru.

3. Masak tanpa lihat resep.
Ketika memasak, cobalah lihat resep sekali dan tutup bukunya. Dan dengan ingatan yang ada cobalah memasak dengan menghapal apa saja bahan dan cara memasaknya. Ketika dibiasakan maka daya ingat akan bekerja lebih baik.

4 Menghirup aroma herbal rosemary.
Tanaman satu ini sangat berkhasiat untuk daya ingat. Dengan menghirup baunya atau membiarkan baunya menyebar di ruangan. Tanaman herbal ini mengandung acetylcholie yang baik untuk daya ingat.

Makanan ini membantu anda meningkatkan daya ingat.

1. Kubis
Kubis merupakan sumber yang baik dari asam folat yang sangat ampuh untuk memperbaiki masalah pada memori atau ingatan. Asam folat merupakan zat gizi terbaik untuk daya ingat Anda, jadi konsumsi kubis dalam jumlah cukup dan tak berlebih sangat dianjurkan.

2. Telur
Telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, selain itu, makanan ini juga memiliki kandungan vitamin penting yaitu B6 dan B12 yang juga berperan dalam daya ingat bersama dengan asam folat. Penelitian menyebutkan bahwa kekurangan vitamin B6 dan B12 akan menyebabkan kemampuan daya ingat yang menurun lebih cepat dibanding dengan yang mengonsumsi vitamin tersebut dalam jumlah cukup.

3. Brokoli
Penelitian di Havard menyebutkan, wanita yang mengonsumsi jenis sayuran ini dalam jumlah banyak memiliki resiko kepikunan yang lebih rendah. Brokoli memiliki kandungan antioksidan, asam folat, dan vitamin B6.

4. Stroberi
Kandungan antioksidan yang disebut dengan antosianin pada stroberi memiliki kemampuan untuk mencegah hilangnya daya ingat pada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan. Antosianin juga membantu menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga aliran darah ke otak tetap lancar. Selain antosianin, stroberi juga memiliki kandungan asam folat dan B6.

5. Salmon
Ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi sehingga dapat membantu mempertajam memori. Seseorang yang mengonsumsi ikan paling tidak seminggu sekali 10% lebih lambat penurunan daya ingatnya dibanding dengan yang jarang mengonsumsi ikan.
(vemale.com)

Nah, itulah dia informasi yang bisa kami sampaikan kepada Kamu, semoga bermanfaat !

Ini Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Kamu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar