Contoh Naskah Pidato Perpisahan Sekolah

contoh pidato perpisahan - Untuk bisa membawakan pidato dengan baik, tentunya banyak faktor internal dan eksternal yang perlu kamu perhatikan. Selain menyesuaikan isi naskah pidato dengan pendengar, kamu juga perlu membuat naskah pidato yang tidak monoton dan membuat para pendengar ingin mendengarkan keseluruhan pidato kamu dari awal hingga akhir. Nah, masalahnya membuat sebuah pidato tentulah bukanlah perkara yang mudah dan juga tidak terlalu sulit. Lewat contoh-contoh yang ada di internet kita bisa belajar menyusun kerangka dan isi pidato sesuai dengan konteks yang akan kita bacakan.

Terkait tema artikel ini, saya ingin memberikan sedikit contoh pidato mengenai perpisahan sekolah. Mungkin suatu ketika kamu ditujuk untuk berdiri di depan sekolah atau bahkan di lapangan untuk membawakan pidato mengenai perpisahan antara guru dan murid. Melalui conth dibawah ini kami harapkan kamu bisa mengembangkan pidato yang ada, kamu bisa sedikit merubahnya dengan menambahkan karakteristik diri kamu atau mungkin membawakannya dengan gaya bahasa kamu sendiri, namun dalam konteks yang formal tentunya.

Sooo,,, let's check it out !
berpidato
pidato

------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Yang terhormat Bapak Bupati Kabupaten Enrekang beserta rombongan, yang terhormat Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Enrekang, yang terhormat Bapak Kepala Madrasah, yang terhormat Bapak/Ibu Guru dan staf MAN Baraka,  teman-teman siswa-siswi  MAN Baraka, serta hadirin dan hadirat yang kami muliakan.

Alhamdulillahirabbil Alamin, assalatu wassalamu ala asrafil anbiyai wal mursalin waala alihi wa ashabihi ajmain amma ba’ad.
Pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT  karena atas berkah, rahmat, dan hidayah-Nya lah sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan siswa/siswi  kelas XII yang diselenggarakan  di madrasah kita yang tercinta ini. Salawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah  menjadi uswatun hasanah bagi kita semua.

Para hadirin yang saya hormati,
Izinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata  dalam  rangka acara perpisahan ini.
Tanpa terasa waktu terus bergulir, 3 tahun telah berlalu, masih teringat beberapa tahun yang lalu kami memulai aktifitas belajar  di madrasah yang tercinta  ini, di mana kami menerima banyak ilmu dan pengalaman berharga.  Selama 3 tahun  di sini, tentunya  banyak kenangan berharga  yang  tidak akan pernah kami lupakan, baik itu pengalaman  bahagia dan sedih, suka maupun duka, serta tawa dan tangis, semuanya melebur menjadi kenangan berharga dalam tapak  kehidupan kami.  Kenangan kebersamaan kami  dengan  para  guru maupun teman-teman sekalian.

Bapak/ibu guru dan teman-teman sekalian
Selama bersekolah, kami sebagai siswa dan siswi sangat bangga dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada  seluruh elemen pendidik di sekolah ini,  dan tak lupa pula kami mengucapkan  terima kasih yang sebesar-besarnya kepada  semua guru yang telah mengajar  kami, yang sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Para guru yang ikhlas dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada kami. Berkat jerih payah  anda semua, kamiakhirnya  dapat  menyelesaikan pendidikan  di  tingkat madrasah aliyah. Sungguh jasa-jasa kalian akan selalu  kami kenang dan  akan  senantiasa  terpatri di dalam sanubari.

Jujur kami tidak mampu membalas segala kebaikan Bapak dan Ibu dalam bentuk materi  atau  kebaikan serupa dengan apa yang telah kalian berikan, kami hanya dapat  melantunkan  iringan doa yang tulus dan ikhlas  semoga Allah Yang Maha Kuasa selalu memberikan kesehatan, kekuatan,  dan kebahagiaan  kepada  semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini sehingga dapat terus mengabdi dan membimbing, serta menjadikan generasi muda pelanjut  bangsa  menjadi orang-orang yang  bermanfaat bagi agama, umat dan bangsa.

Hadirin dan hadirat yang  berbahagia,

Kami menyadari bahwa selama mengenyam pendidikan di  sekolah ini banyak sudah kelakuan dan sikap kami yang tidak berkenan di hati para pendidik dan seluruh elemen pendidik, kami sering tidak mematuhi petuah kalian, sering melanggar aturan sekolah,  sengaja atau tidak sengaja kami pernah menyakiti hati Bapak dan Ibu guru,  dan kami  sadar bahwa kesuksesan tidak akan dapat kami raih baik di dunia maupun di akhirat, ketika  masih banyak  noda-noda  yang menghalangi,  disebabkan kesalahan-kesalahan kami  dahulu kepada  kalian.   Oleh karena itulah, izinkan kami memohon maaf  yang sebesar-besar  atas  segala kekhilafan kami.

Selanjutnya, untuk adik-adik kelas kami. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian, karena kita sudah bersama-sama  dalam beberapa tahun terakhir ini. Sebagai  kakak  kelas, kami hanya bisa berpesan  agar kalian belajar dengan lebih  tekun, perbaikilah  sikap dan perilaku kalian, tunjukkan pada orang-orang bahwa  siswa-siswi  MAN Baraka juga  bisa unggul. Tirulah segala  perilaku positif kami  dan  tinggalkan  hal-hal negatif  yang  kami  perbuat  selama   berada di sekolah ini, agar kalian dapat menjadi pribadi-pribadi yang lebih sukses.  Mohon maafkan,  jika selama ini kami kurang bisa menjadi  teladan  yang baik. Sukses selalu buat adik-adik, doa kami menyertai  kalian.

Akhirnya, kami memohon kepada seluruh hadirin  kiranya  dapat  mengiringi langkah  kepergian kami dengan  doa  yang tulus   agar Allah Yang Maha Kuasa dapat meridhai perjalanan hidup kami sehingga  nantinya kami  menjadi orang-orang yang bermanfaat dan sukses dunia wal akhirat.

Sekian  kesan dan pesan dari kami, mudah-mudahan  mendatangkan  berkah bagi kita semua, lebih kurangnya mohon  dimaafkan, Wabillahi  taufik walhidayah.  Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

(mursalinmuhmar.blogspot.com)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SDN Cikalongsari beserta dewan guru. Yang saya hormati orangtua dan wali murid, serta yang saya banggakan teman-teman seperjuangan; siswa-siswi SDN Cikalongsari.
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat allah swt. Shalawat beserta salam semoga tetap terlimpahkan pada suri tauladan umat manusia, yakni habibana wanabiyyana Muhammad SAW.

Untuk Bapak dan Ibu guru yang kami cintai,
Masih terbayang dalam ingatan, ketika bapak dan Ibu guru mengajari kami dengan penuh sabar dan kasih sayang.
Terima kasih, telah mengajarkan kami berhitung mulai dari 0 sampai 1000
mengenalkan alfabet dari huruf A sampai Z
dan membuka cakawala kami tentang Indonesia, dari sabang sampai merauke.
Semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang berlimpah atas semua kebaikan yang bapak dan ibu berikan.

Terima kasih, Pahlawan tanpa tanda jasa. Jasamu abadi, kami kenang sepanjang masa.

Disini, saya mewakili teman-teman kelas 6,
mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya jika saat belajar di kelas maupun di luar kelas,
ada sikap yang tidak terpuji,
kata-kata yang tercela
dan khilaf yang tidak disengaja telah melukai ibu dan Bapak guru.

Untuk teman-teman kelas 6,
cerita kita tidak akan selesai disini.
Kita masih bisa Tersenyum dalam ilmu, dan Tertawa dalam canda
Walau di tempat masing-masing yang berbeda.
perpisahan hari ini adalah langkah awal kita untuk mencapai citacita yang lebih tinggi. Mari benamkan dalam dada, tekadkan untuk terus mengharumkan nama SDN kita tercinta.

Untuk adik-adik tersayang, saya mewakili teman-teman kelas 6 ingin menyampaikan pesan,

Tiada kesuksesan tanpa perjuangan
Tiada perjuangan tanpa pengorbanan
Tiada pengorbanan tanpa keikhlasan.

Kami yakin, di kemudian hari akan tiba juga saat adik-adik mencapai kelulusan. Kuncinya hanya Ikhlas dalam belajar, berusaha keras, dan tidak lupa berdoa. InsyAllah kelak adik-adik bisa seperti kami disini, lulus dengan nilai yang memuaskan, bahkan lebih baik lagi.

teks oleh : Riezka Amalia Faoziah

riezka135.wordpress.com

Semua kenangan yang berasal dari sebuah gedung Sekolah Dasar, di salahsatu sudut desa cikalongsari ini tidak akan kami lupakan.
Hadirin yang berbahagia,
Rupanya sambutan dari saya cukup sekian, mohon maaf apabila ada kesalahan.
Akhir kata, saya memohon doa restu dari hadirin , agar kami, pelajar SDN Cikalongsari – Karawang,bisa menjadi insan yang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. Amin.

Saninten buah Saninten

Dicandak ka Parapatan

Hapunten Abdi Hapunten

Samudaya Kalepatan

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

teks oleh  Riezka Amalia Faoziah

disampaikan Reisha Rahmatunnissa pada perpisahan SDN Cikalongsari, Karawang
--------------------------------------------------------------------------------------------------------

saya rasa dua pidato tersebut sudah mewakili isi dari pidato perpisahan sekolah pada umumnya,semoga bermanfaat.

Contoh Naskah Pidato Perpisahan Sekolah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wahu Parulian

0 komentar:

Poskan Komentar